Musim Kawin Periode 2021-2022 dan Pengumuman Tentang Trah Gumarang


Salam olahraga!

Stud Book Indonesia bersama ini mendoakan seluruh Keluarga Besar Pordasi dan para pemilik, peternak, dan pecinta kuda seluruh Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.


Pelaporan Kelahiran Kuda

Kami sampaikan terima kasih kepada Pemilik Pejantan yang telah melaporkan perkawinan kudanya dan laporan-laporan tersebut telah kami catat. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada peternak telah melaporkan kelahiran anak kudanya. Kepada Pemilik Pejantan yang belum melaporkan perkawinan Pejantan miliknya dengan kuda-kuda induk, kami meminta agar segera laporan perkawinan setiap Pejantan tersebut disampaikan kepada kami, berikut tanggal-tanggal perkawinan terakhirnya saja.

Kepada Pemilik Pejantan dimohon untuk memberikan Surat Keterangan Kawin kepada Pemilik Kuda Induk untuk dapat dijadikan syarat registrasi kuda-kuda yang lahir tahun ini.

Mohon diperhatikan bahwa syarat-syarat tersebut harus dipenuhi sehingga kelahiran anak kuda dapat diregistrasi nantinya. Semua ini merujuk pada Peraturan Stud Book Indonesia 1 Juli 2020.

http://studbook.or.id/info/peraturan/Peraturan_Stud_Book_Indonesia_Juli_2020.pdf

 

Musim Kawin Dimulai

Bersama ini kami mengumumkan bahwa Musim Kawin periode 2021-2022 akan berlangsung mulai tanggal 1 September 2021 dan akan berakhir tanggal 31 Mei 2022. Setiap Pejantan dan Kuda Induk yang akan dikawinkan mohon untuk mendaftar sebagai kuda induk atau kuda pejantan cukup dengan mengirimkan permohonan pendaftaran sebagai Kuda Induk atau Pejantan untuk musim kawin 2021-2022 kepada Stud Book Indonesia. Stud Book Indonesia tidak menyediakan formulir apapun untuk registrasi dan pelaporan atau pendaftaran karena cara pendaftaran sangat sederhana dan mudah tanpa memerlukan formulir apapun. Setiap pemilik kuda cukup menyebutkan nama kuda dan nomor registrasi atau life number kuda tersebut serta menerangkan keperluannya dan mengirimkannya melalui email ke: [email protected]. Setiap email ke Stud Book Indonesia harus ditembuskan ke Wakorbag Registrasi di wilayah di mana kuda berada. Daftar Wakorbag dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.studbook.or.id/info. Bagi peternak yang mengalami kesulitan melakukan pendaftaran kuda induk atau pejantan, pelaporan kelahiran kuda, atau registrasi, dapat meminta bantuan Wakorbag atau Verifikator sesuai daftar yang telah kami sebutkan.

 

Trah Kuda Gumarang

Berdasarkan hasil keputusan Rakernas online PORDASI tahun 2021 yang dilaksanakan tanggal 7 sampai 8 April 2021 telah ditetapkan trah baru kuda yang diberi nama “Gumarang”. Trah Gumarang adalah hasil perkawinan induk atau jantan KP5 sampai dengan KP8, atau nantinya perkawinan intersemitting dari hasil perkawinan kuda KP5 sampai KP8 tersebut. Sama seperti kuda lainnya, kuda dengan identitas tersebut dimohon untuk mendaftar sebagai kuda induk atau kuda pejantan terlebih dahulu sebelum dikawinkan.

Tujuan dari pendaftaran kuda induk atau kuda pejantan tersebut, agar dapat dicatat dalam sistem registrasi Stud Book Indonesia sebelum perkawinan dilakukan.

Pendaftaran tersebut tidak dikenakan biaya, cukup dengan menyampaikan nama kuda dan nomor registrasinya melalui email [email protected].

Kami berharap agar Pandemi Covid-19 segera berakhir dan semoga kita semua diberikan kesehatan serta dimudahkan dalam menjalankan aktivitas.

 

Selamat Beternak!


Terima kasih,

Stud Book Indonesia



Registrasi Stud Book ([email protected])
Dimuat tanggal 31-08-2021
Diperbaharui tanggal 31-08-2021