Life Number untuk Kuda Indonesia


Salam Olahraga!


Terhitung 17 Juli 2020 Stud Book Indonesia telah diterima bergabung dalam Universal Equine Life Number (UELN). UELN adalah organisasi internasional yang menghubungkan lebih dari 500 database organisasi terkemuka di seluruh dunia yang terkait dengan registrasi, pengembangbiakan, dan olahraga berkuda. Seluruh database organisasi tersebut saling dipertukarkan menggunakan jaringan internet.


Salah satu tujuan UELN adalah memberikan satu nomor identitas tunggal bagi setiap kuda yang berlaku di seluruh dunia. Nomor identitas tunggal ini disebut "Life Number". Penggunaan Life Number tersebut bertujuan memudahkan pengenalan identitas seekor kuda di negara manapun kuda itu berada. Berkaitan dengan bergabungnya Stud Book Indonesia ke dalam UELN tersebut, Stud Book Indonesia telah mendapat UELN Code berikut ini:


1. "360IDN" khusus untuk kuda Thoroughbred yang lahir di Indonesia, dan

2. "360001"untuk trah kuda lainnya yang lahir di Indonesia.


Nomor identitas (Life Number) setiap ekor kuda berdasarkan sistem UELN terbaru adalah terdiri dari 6 digit UELN Code + 9 digit kode alfanumerik. Total berjumlah 15 digit kode.


Dengan diterimanya Stud Book Indonesia bergabung ke dalam UELN, maka Stud Book Indonesia harus menerima konsekuensi antara lain berikut ini:


1. Stud Book Indonesia terikat untuk mengikuti standar internasional dalam menjalankan sistem registrasi.


2. Untuk selanjutnya Stud Book Indonesia tidak lagi menggunakan istilah "Nomor Registrasi" sebagai nomor identitas kuda yang diregistrasi oleh Stud Book Indonesia, melainkan menggunakan istilah "Life Number". Mengingat telah ada kuda yang diregistrasi oleh Stud Book Indonesia dan mendapat nomor registrasi, maka nomor registrasi kuda tersebut akan disesuaikan dengan sistem UELN.


3. Untuk kuda-kuda yang telah mendapat nomor registrasi dari BRK lama, nomor registrasi tersebut tetap digunakan dan baru disesuaikan dengan sistem UELN apabila kuda tersebut diekspor ke luar negeri.


4. Terhadap kuda impor yang di negara asalnya telah mendapat Life Number, akan tetapi kemudian diregistrasi ulang di Indonesia dan mendapat nomor registrasi baru dari BRK lama, maka Stud Book Indonesia akan mengembalikan Life Number kuda impor tersebut dalam database sistem registrasi Stud Book Indonesia.


5. Setiap informasi dalam database Stud Book Indonesia yang menyebutkan nomor identitas seekor kuda, maka nomor identitas tersebut dapat berupa Life Number atau Nomor Registrasi (BRK lama), tergantung pada relevansinya.


6. Melalui UELN, Stud Book Indonesia mendapat kesempatan untuk memperjuangkan trah kuda khas Indonesia agar dapat diterima dan diakui dunia internasional.



Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Semoga olahraga berkuda di Indonesia makin maju dan jaya.



Registrasi Stud Book ([email protected])
Dimuat tanggal 23-07-2020
Diperbaharui tanggal 23-07-2020